Berita Terbaru dan Terupdate

Cara Merawat Baju Olahraga Agar Lebih Awet dan Tahan Lama



Olahraga harus dilakukan dengan pakaian yang nyaman dan memungkinkan kulit untuk bernapas. Karena itulah pakaian olahraga dirancang secara khusus untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pemakai.

Pakaian olahraga yang berkualitas biasanya dibanderol dengan harga yang cukup mahal, setara dengan mutu yang ditawarkan. Pakaian yang berkualitas umumnya memiliki masa pakai yang lebih lama. Tetapi bisa lebih cepat rusak juga jika tidak dirawat dengan baik.

Bagaimana cara merawat pakaian olahragamu agar lebih awet dan tahan lama? Berikut ini beberapa tips dari LiveStrong yang bisa diterapkan.

1. Segera Cuci Setelah Dipakai
Pakaian olahraga harus segera dilepaskan dan dicuci setelah dipakai untuk aktivitas fisik.

"Jika tidak, keringat akan menempel di baju dan menjadi tempat berkembang biak bakteri dan ini bisa menimbulkan infeksi jamur atau hal menjijikkan lain seperti jerawat atau bahkan infeksi saluran kemih," kata Katie Dunlop, pelatih pribadi dan pendiri Love Sweat Fitness.

2. Gunakan Deterjen Tanpa Pewangi
Saat mencuci pakaian olahraga, jangan memilih deterjen yang dilengkapi dengan wewangian, karena bisa menyebabkan iritasi kulit. Menggunakan deterjen dengan pewangi dan zat iritan lainnya dapat mengganggu pH vagina. Segala sesuatu yang menghilangkan pH asam vagina akan meningkatkan risiko vaginosis bakteri dan kandidiasis atau jamur.

3. Cuci dengan Putaran Kuat

Jika pakaian dicuci menggunakan mesin cuci, pilih jenis putaran yang terkuat. Dengan begini kotoran dan sisa keringat yang menempel bisa terlepas dengan mudah. Pastikan pakaian olahraga tidak dicuci dengan baju lain yang memiliki pengait atau benda lain yang berpotensi merobek kain.

4. Keringkan dengan Cara Dijemur
Pakaian olahraga yang mudah menyusut atau sangat halus dan mudah diregangkan sebaiknya tidak dimasukkan ke dalam mesin pengering.

Tergantung pada bahannya, legging juga bisa cepat melar jika dikeringkan dengan mesin. Pakaian olahraga berbahan spandeks lebih mudah kehilangan elastisitasnya dalam waktu singkat jika bersentuhan dengan panas tinggi. Metode terbaik untuk mengeringkannya adalah dengan dijemur.

0 komentar:

Posting Komentar